MAKALAH WORKSHOP
ALAT PERAGA
“RODA PINTAR
MATEMATIKA”
Kelompok 7 kelas 5.E
Supina (1201402012)
Reski amalia (1201402045)
Erni badi (1201402015)
Umriani (1201402014)
FKIP
MATEMATIKA
UNIVERSITAS
COKROAMINOTO PALOPO
2013/2014
Kelompok 7
Kelas 5.E
SUPINA (1201402012)
RESKI AMALIA
(1201402045)
ERNI BADI
(1201402015)
UMRIANI (1201402014)
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang maha pengasih dan maha
penyayang, karena atas berkat rahmat-Nyalah,
sehinggh penulisan makalah
ini dapat terselesaikan dan terwujud. Makalah ini di susun untuk dijadikan referensi yang
lengkap dan menyeluruh tentang Alat Peraga Roda Kemudi Pintar.
Makalah ini di
susun secara khusus untuk memenuhi tugas Mata
Kuliah Workshop Matematika. Makalah
Alat Peraga Roda Komudi Pintar ini, dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi
mahasiswa, dosen, atau masyarakat umum dan juga sebagai bahan pembanding dengan
makalah lain yang secara substansial mempunyai kesamaan.
Tentunya dari
isi maupun konstruksi yang ada dalam makalah ini yang merupakan tugas Mata
Kuliah Workshop Matematika, banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu kami selaku
penyusun mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik
yang membangun, dari para pembaca
agar dapat menyempurnakan makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita
semua. Amin.
Palopo, 25 November 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR
ISI....................................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang.................................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah............................................................................................... 2
1.3 Tujuan................................................................................................................. 2
BAB
II KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Roda
Pintar Matematika................................................................... 3
2.2 Metode Pembuatan............................................................................................. 4
2.3 Cara Pemakaian Alat
Peraga............................................................................... 6
2.4 Kelebihan Alat
Peraga........................................................................................ 7
2.5 Tujuan Pembuatan
Alat Peraga........................................................................... 7
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan......................................................................................................... 8
3.2 Saran................................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Ada sebuah perbandingan nyata antara
suasana waktu belajar dan waktu bermain. Ketika bermain, setiap siswa
bersemangat dan energik. Mereka akan asyik menikmati permainan sekalipun dibasahi
keringat dan sengatan matahari, seolah tidak merasa lelah. Sedangkan ketika di
kelas, semangatnya memudar dengan berbagai alasan. Fenomena ini tentu bisa
ditarik sebuah hikmah untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran.
Metode belajar sambil bermain
merupakan cara yang menyenangkan bagi siswa. Mereka akan mendapatkan rasa
kebebasan tanpa ada tekanan. Ada beberapa manfaat belajar sambil bermain bagi
siswa, di antaranya menghilangkan stres dalam lingkungan belajar sehingga siswa
bisa lebih rileks, membangun kreativitas diri karena terlibat dalam mekanisme
permainan, dan meraih makna belajar melalui pengalaman, yaitu dari sebuah
kekalahan dan kesalahan dari permainan-permainan sebelumnya.
Untuk itu kami menciptakan sebuah
permainan edukatif untuk memenuhi tugas kami dari dosen mata kuliah Workshop
Matematika, yang kami wujudkan dalam sebuah alat peraga untuk siswa dalam
belajar matematika . Alat peraga ini bernama “ RODA PINTAR MATEMATIKA “
Selain nilai edukasi, siswa juga
bisa mendapatkan manfaat lainnya dari permainan Roda Pintar Matematika ini, yaitu dapat digunakan sebagai
media yang luar biasa manfaatnya dalam melejitkan daya ingat siswa. Alat peraga
ini tidak hanya dapat diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada
pelajaran lainnya. Anda bisa kreatif dengan membuat sendiri di kelas atau di
rumah, kemudian dimainkan bersama teman-teman sekelas sebagai bagian dari
pembelajaran yang menyenangkan, tapi dengan manfaat yang besar
1.2 RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan
masalah dari makalah ini yaitu:
1. Apa
itu Roda Pintar Matematika?
2. Bagaimana
metode pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika?
3. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga Roda Pintar Matematika?
4. Apa
kelebihan dari alat peraga Roda Pintar Matematika?
5. Apa
tujuan pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika?
1.3 TUJUAN
Adapun tujuan
dari makalah ini yaitu:
1. Untuk
mengetahui apa itu alat peraga Roda Pintar Matematika
2. Untuk
mengetahui bagaimana metode pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika
3. Untuk
mengetahui cara menggunakan alat peraga Roda Pintar Matematika
4. Untuk
mengetahui kelebihan dari alat peraga Roda Pintar Matematika
5. Untuk
mengetahui tujuan pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika
BAB
II
KAJIAN
TEORI
2.1
PENGERTIAN ALAR PERAGA “RODA PINTAR MATEMATIKA”
Salah satu materi akademik
yang menjadi tolak ukur di masyarakat adalah Matematika. tetapi pelajaran
Matematika dianggap menyulitkan dan membosankan para siswa. Untuk membangun
minat belajar anak maka di perlukan alat peraga pelajaran matematika karena dunia
anak yang menyenangi permainan atau keceriaan. Dengan alat peraga matematika
belajar lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu alat peraga tersebut
adalah Roda Pintar Matematika.
Roda Pintar Matematika ini
bisa di gunakan sebagai alat peraga untuk mencari rumus-rumus Matematika
(Bangun Datar Dan Bangun Ruang), seperti :
1.
Persegi Panjang
2.
Persegi
3.
Jajar genjang
4.
Trapesium
5.
Belah ketupat
6.
Layang-layang
7.
Segitiga
8.
Lingkaran
9.
Kubus
10. Balok
11. Kerucut
12. Prisma Segitga
13. Limas Segiempat
14. Bola
15. Tabung
Membuat anak
senang belajar adalah sebuah tantangan tersendiri bagi guru maupun orang tua,
kita akan mencari cara terbaik agar anak mau belajar dengan senang dan dapat
memahami setiap materi pelajaran sehingga dapat berprestasi secara maksimal.
Salah satu
materi akademik yang menjadi tolok ukur adalah mata pelajaran Matematika
sehingga diperlukan alat peraga agar menyenangi dan terbantu dalam memahami
rumus-rumus matematika.
Oleh karena
itu "Roda Pintar Matematika”
diciptakan dengan pertimbangan dunia anak yang menyenangi permainan dan
keceriaan sehingga lebih mudah dan cepat dalam menghafal rumus-rumus
Matematika. Dengan alat peraga ini diharapkan siswa menjadi lebih tertarik
dengan mata pelajaran Matematika.
Alat peraga
ini tidak hanya dapat diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada
pelajaran lainnya, Fisika, dan Biologi, serta Bahasa Inggris. Anda bisa kreatif
dengan membuat sendiri di kelas atau di rumah, kemudian dimainkan bersama
teman-teman sekelas sebagai bagian dari pembelajaran yang menyenangkan, tapi
dengan manfaat yang besar.
2.2 METODE
PEMBUATAN
1.
Bentuk Alat Peraga
Alat
peraga ini berupa tripleks persegi panjang dengan ukuran 60cmx57cm dengan tebal 5mm, terdiri dari 2
lapisan, persegi panjang dengan rongga berupa lingkaran di bagian tengah
(diameter 50 cm) serta lapisan kedua berupa lingkaran dengan diameter 36 cm.
2. Alat
Dan Bahan
Dalam
pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika (Bangun Datar dan Bangun Ruang)
dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut .
·
Alat :
§
Gergaji, Bor
§
Spidol, Meteran
§
Pensil, Spidol, Polpen
§
Penggaris, Komputer
§
Gunting, Pisau, Skrup, Print
·
Bahan :
§
Tripleks
§
Kertas
§
Kertas karton
3.
Prosedur Pembuatan
·
Menyiapkan seluruh alat
dan bahan yang akan digunakan
·
Memotong tripleks sesuai ukuran ( persegi panjang )
·
Membuat sketsa lingkaran yang berdiameter
50 cm pada tripleks
·
Hitamkan sketsa tersebut dengan
spidol
·
Bagi lingkaran yang telah dibuat
pada tripleks tadi, bagi menjadi 15 buah petak
dengan ukuran yang sama.
·
Membuat sketsa gambar
bangun datar dan bangun ruang beserta keterangannya dengan komputer sesuai
dengan design, dan beri dengan berbagai warna lalu di print out. Lalu dilaminating dan potonglah seukuran dengan
petak yang telah dibuat.
·
Hasil potongan kertas
tadi tempelkan pada tripleks pada masing-masing petak.
·
Membuat lubang pada triplek
(persegi panjang) pada pusat sketsa lingkaran.
·
Dengan tripleks lain,
potong tripleks dengan membentuk lingkaran dengan diameter 36 cm
·
Membuat lubang pada
tripleks (lingkaran ) pada pusat lingkaran
·
Memasang anak panah
pada sisi kiri kertas karto ( lingkaran)
·
Membuat 3 buah lubang
pada sisi kiri dan kanan kertas karton yang berbentuk lingkaran tadi, dengan
bentuk persegi panjang
·
Satukan kedua bangun
tersebut dengan menggunakan
·
Putar anak panah menuju
setiap bangun yang ada dan tuliskan rumus keliling, luas, dan volume setiap
bangun tersebut didalam lubang yang tersedia yang hasilnya akan tampak pada
melamin kedua.
·
Tempelkan rumus-rumus lain padabagian yang kosong.
Gambar
Alat Peraga Roda Pintar Matematika
Alat
peraga untuk siswa yang mudah dibawa, sehinggah dapat digunakan setiap saat
2.3 CARA
PEMAKAIAN
·
Putar dan Arahkan anak panah penunjuk pada bangun yang diinginkan
·
Pastikan anak panah penunjuk berada
di garis tengah rumus bangun yang di cari
·
Setelah tepat berada di bangun yang
dituju, baik bangun datar maupun bangun ruang, akan muncul Rumus Keliling,
Rumus Luas , dan Rumus Volume yang sesuai dengan rumus bangun yang di cari.
·
Untuk lebih jelas makna dari simbol, rumus,
bisa dilihat di kotak keterangan.
2.4 KELEBIHAN ALAT PERAGA
RODA PINTAR MATEMATIKA
Alat peraga
roda pintar matematika adalah sebuah
alat peraga yang menggabungkan antara ilmu matematika dan ilmu psiologis anak,
berisi tentang rumus bangun datar dan
bangun ruang. Roda Pintar Matematika ini merupakan alat peraga yang kreatif,
menarik dan mudah digunakan serta mudah dibawa sehingga dapat digunakan setiap
saat bagi siswa.
2.5 TUJUAN ALAT PERAGA
RODA PINTAR MATEMATIKA
Alat Peraga
Roda Pintar Matematika menciptakan situasi “learning by playing” pada anak agar
mudah memahami materi pelajaran sehingga anak menjadi lebih senang dan tertarik
pada mata pelajaran Matematika
Matematika
lebih bermakna dan memudahkan para siswa untuk mengingat kembali materi-materi
yang telah mereka pelajari...dan yang pasti lebih menarik dan memberikan kesan
bahwa Matematika itu tidak sulit seperti mereka yang bayangkan sebelumnya, dan memberikan
inspirasi dan motivasi untuk terus menggali pembelajaran Matematika khususnya
agar selalu di senangi dan di minati para siswa.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Alat peraga
roda pintar matematika adalah sebuah
alat peraga yang menggabungkan antara ilmu matematika dan ilmu psiologis anak,
berisi tentang rumus bangun datar dan
bangun ruang. Roda Pintar Matematika ini merupakan alat peraga yang kreatif,
menarik dan mudah digunakan serta mudah dibawa sehingga dapat digunakan setiap
saat bagi siswa.
Roda Pintar Matematika ini di gunakan sebagai alat
peraga untuk mencari rumus-rumus Matematika (Bangun Datar Dan Bangun Ruang)
Oleh karena
itu "Roda Pintar Matematika”
diciptakan dengan pertimbangan dunia anak yang menyenangi permainan dan
keceriaan sehingga lebih mudah dan cepat dalam menghafal rumus-rumus
Matematika. Dengan alat peraga ini diharapkan siswa menjadi lebih tertarik
dengan mata pelajaran Matematika. Alat peraga ini tidak hanya dapat
diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada pelajaran lainnya,
Fisika, dan Biologi, serta Bahasa Inggris
3.2 SARAN
Dalam konteks
ini, alat peraga roda pintar matematika’ menjadi penting untuk diperhatikan
oleh teman - teman yang kuliah di jurusan Pendidikan Mmatematika karena media
ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam banyak variasi untuk berbagai materi
untuk peserta didik mereka kelak. Dengan alat peraga ini , belajar matematika
jadi tidak membosankan tetapi justru menyenangkan dan menantang, dimana
matematika menjadi permainan bukan pekerjaan/tugas.
DAFTAR
PUSTAKA
http://hafid69.blogspot.com/2012/11/roda-pintar-matematika-bangun-datar-bangun-ruang.(online) diakses tanggal 18 november 2013, pukul 13.00
http://lilizsetya.wordpress.com/2013/01/03/alat-peraga-roda-pintar-matematika
(online) tanggal 18 november 2013, pukul 13.00
http://guraru.org/guru-berbagi/belajar_matematika_dengan_alat_peraga_kemudi_pintar_matematika/
(online) tanggal 18 november 2013, pukul 13.00
1 komentar:
Kmana nyari perag roda pinar mas? Klo ada info tolong kabari ke 08213734645. Trm ksh
Posting Komentar