Label

Senin, 25 November 2013

RODA PINTAR MATEMATIKA



MAKALAH WORKSHOP

ALAT PERAGA
“RODA PINTAR MATEMATIKA”
Kelompok 7 kelas 5.E
Supina (1201402012)
Reski amalia (1201402045)
Erni badi (1201402015)
Umriani (1201402014)

FKIP MATEMATIKA
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
2013/2014

Kelompok 7
Kelas 5.E
SUPINA (1201402012)
RESKI AMALIA (1201402045)
ERNI BADI (1201402015)
UMRIANI (1201402014)



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang, karena atas berkat rahmat-Nyalah, sehinggh penulisan makalah ini dapat terselesaikan dan terwujud. Makalah ini di susun untuk dijadikan referensi yang lengkap dan menyeluruh tentang Alat Peraga Roda Kemudi Pintar.
Makalah ini di susun secara khusus untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Workshop Matematika. Makalah Alat Peraga Roda Komudi Pintar ini, dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa, dosen, atau masyarakat umum dan juga sebagai bahan pembanding dengan makalah lain yang secara substansial mempunyai kesamaan.
Tentunya dari isi maupun konstruksi yang ada dalam makalah ini yang merupakan tugas Mata Kuliah Workshop Matematika, banyak terdapat kekurangan, oleh karena itu kami selaku penyusun mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun, dari para pembaca agar dapat menyempurnakan makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.



                                                                                 Palopo, 25 November 2013

Penyusun


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang.................................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah............................................................................................... 2
1.3  Tujuan................................................................................................................. 2
BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Roda Pintar Matematika................................................................... 3
2.2 Metode Pembuatan............................................................................................. 4
2.3 Cara Pemakaian Alat Peraga............................................................................... 6
2.4 Kelebihan Alat Peraga........................................................................................ 7
2.5 Tujuan Pembuatan Alat Peraga........................................................................... 7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan......................................................................................................... 8
3.2 Saran................................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................... 9


 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
            Ada sebuah perbandingan nyata antara suasana waktu belajar dan waktu bermain. Ketika bermain, setiap siswa bersemangat dan energik. Mereka akan asyik menikmati permainan sekalipun dibasahi keringat dan sengatan matahari, seolah tidak merasa lelah. Sedangkan ketika di kelas, semangatnya memudar dengan berbagai alasan. Fenomena ini tentu bisa ditarik sebuah hikmah untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran.
            Metode belajar sambil bermain merupakan cara yang menyenangkan bagi siswa. Mereka akan mendapatkan rasa kebebasan tanpa ada tekanan. Ada beberapa manfaat belajar sambil bermain bagi siswa, di antaranya menghilangkan stres dalam lingkungan belajar sehingga siswa bisa lebih rileks, membangun kreativitas diri karena terlibat dalam mekanisme permainan, dan meraih makna belajar melalui pengalaman, yaitu dari sebuah kekalahan dan kesalahan dari permainan-permainan sebelumnya.
            Untuk itu kami menciptakan sebuah permainan edukatif untuk memenuhi tugas kami dari dosen mata kuliah Workshop Matematika, yang kami wujudkan dalam sebuah alat peraga untuk siswa dalam belajar matematika . Alat peraga ini bernama “ RODA PINTAR MATEMATIKA “
            Selain nilai edukasi, siswa juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari permainan Roda Pintar  Matematika ini, yaitu dapat digunakan sebagai media yang luar biasa manfaatnya dalam melejitkan daya ingat siswa. Alat peraga ini tidak hanya dapat diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada pelajaran lainnya. Anda bisa kreatif dengan membuat sendiri di kelas atau di rumah, kemudian dimainkan bersama teman-teman sekelas sebagai bagian dari pembelajaran yang menyenangkan, tapi dengan manfaat yang besar
1.2   RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dari makalah ini yaitu:
1.      Apa itu Roda Pintar Matematika?
2.      Bagaimana metode pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika?
3.      Bagaimana cara menggunakan alat peraga Roda Pintar Matematika?
4.      Apa kelebihan dari alat peraga Roda Pintar Matematika?
5.      Apa tujuan pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika?

1.3  TUJUAN
Adapun tujuan dari makalah ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui apa itu alat peraga Roda Pintar Matematika
2.      Untuk mengetahui bagaimana metode pembuatan  alat peraga Roda Pintar Matematika
3.      Untuk mengetahui cara menggunakan alat peraga Roda Pintar Matematika
4.      Untuk mengetahui kelebihan dari alat peraga Roda Pintar Matematika
5.      Untuk mengetahui tujuan pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika











BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 PENGERTIAN ALAR PERAGA “RODA PINTAR MATEMATIKA”
Salah satu materi akademik yang menjadi tolak ukur di masyarakat adalah Matematika. tetapi pelajaran Matematika dianggap menyulitkan dan membosankan para siswa. Untuk membangun minat belajar anak maka di perlukan alat peraga pelajaran matematika karena dunia anak yang menyenangi permainan atau keceriaan. Dengan alat peraga matematika belajar lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu alat peraga tersebut adalah  Roda Pintar Matematika.
Roda Pintar Matematika ini bisa di gunakan sebagai alat peraga untuk mencari rumus-rumus Matematika (Bangun Datar Dan Bangun Ruang), seperti :
1.         Persegi Panjang
2.         Persegi
3.         Jajar genjang
4.         Trapesium
5.         Belah ketupat
6.         Layang-layang
7.         Segitiga
8.         Lingkaran
9.         Kubus
10.     Balok
11.     Kerucut
12.     Prisma Segitga
13.     Limas Segiempat
14.     Bola
15.     Tabung
Membuat anak senang belajar adalah sebuah tantangan tersendiri bagi guru maupun orang tua, kita akan mencari cara terbaik agar anak mau belajar dengan senang dan dapat memahami setiap materi pelajaran sehingga dapat berprestasi secara maksimal.
Salah satu materi akademik yang menjadi tolok ukur adalah mata pelajaran Matematika sehingga diperlukan alat peraga agar menyenangi dan terbantu dalam memahami rumus-rumus matematika.
Oleh karena itu "Roda  Pintar Matematika” diciptakan dengan pertimbangan dunia anak yang menyenangi permainan dan keceriaan sehingga lebih mudah dan cepat dalam menghafal rumus-rumus Matematika. Dengan alat peraga ini diharapkan siswa menjadi lebih tertarik dengan mata pelajaran Matematika.
Alat peraga ini tidak hanya dapat diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada pelajaran lainnya, Fisika, dan Biologi, serta Bahasa Inggris. Anda bisa kreatif dengan membuat sendiri di kelas atau di rumah, kemudian dimainkan bersama teman-teman sekelas sebagai bagian dari pembelajaran yang menyenangkan, tapi dengan manfaat yang besar.
2.2  METODE PEMBUATAN
1.      Bentuk Alat Peraga
Alat peraga ini berupa tripleks persegi panjang dengan ukuran 60cmx57cm dengan tebal 5mm, terdiri dari 2 lapisan, persegi panjang dengan rongga berupa lingkaran di bagian tengah (diameter 50 cm) serta lapisan kedua berupa lingkaran dengan diameter  36 cm.
2.      Alat Dan Bahan
Dalam pembuatan alat peraga Roda Pintar Matematika (Bangun Datar dan Bangun Ruang) dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut .
·         Alat :
§  Gergaji, Bor
§  Spidol, Meteran
§  Pensil, Spidol, Polpen
§  Penggaris, Komputer
§  Gunting, Pisau, Skrup, Print
·         Bahan : 
§  Tripleks
§  Kertas
§  Kertas karton
3.      Prosedur Pembuatan
·         Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang akan digunakan
·         Memotong  tripleks sesuai ukuran ( persegi panjang )
·         Membuat sketsa lingkaran yang berdiameter 50 cm pada tripleks
·         Hitamkan sketsa tersebut dengan spidol
·         Bagi lingkaran yang telah dibuat pada tripleks tadi, bagi menjadi 15 buah petak  dengan ukuran yang sama.
·         Membuat sketsa gambar bangun datar dan bangun ruang beserta keterangannya dengan komputer sesuai dengan design, dan beri dengan berbagai warna lalu di print out. Lalu  dilaminating dan potonglah seukuran dengan petak yang telah dibuat. 
·         Hasil potongan kertas tadi tempelkan pada tripleks pada masing-masing petak. 
·         Membuat lubang pada triplek (persegi panjang) pada pusat  sketsa lingkaran.
·         Dengan tripleks lain, potong tripleks dengan membentuk lingkaran dengan diameter 36 cm
·         Membuat lubang pada tripleks (lingkaran ) pada pusat lingkaran
·         Memasang anak panah pada sisi kiri kertas karto ( lingkaran)
·         Membuat 3 buah lubang pada sisi kiri dan kanan kertas karton yang berbentuk lingkaran tadi, dengan bentuk persegi panjang
·         Satukan kedua bangun tersebut dengan menggunakan
·         Putar anak panah menuju setiap bangun yang ada dan tuliskan rumus keliling, luas, dan volume setiap bangun tersebut didalam lubang yang tersedia yang hasilnya akan tampak pada melamin kedua.
·         Tempelkan  rumus-rumus lain  padabagian yang kosong.

Gambar Alat Peraga Roda Pintar Matematika


Alat peraga untuk siswa yang mudah dibawa, sehinggah dapat digunakan setiap saat

2.3  CARA PEMAKAIAN
·         Putar dan Arahkan anak  panah penunjuk pada bangun yang diinginkan
·         Pastikan anak panah penunjuk berada di garis tengah rumus bangun  yang di cari
·         Setelah tepat berada di bangun yang dituju, baik bangun datar maupun bangun ruang, akan muncul Rumus Keliling, Rumus Luas , dan Rumus Volume yang sesuai dengan rumus bangun yang di cari.
·          Untuk lebih jelas makna dari simbol, rumus, bisa dilihat di kotak keterangan.

2.4  KELEBIHAN ALAT PERAGA RODA PINTAR MATEMATIKA
Alat peraga roda pintar  matematika adalah sebuah alat peraga yang menggabungkan antara ilmu matematika dan ilmu psiologis anak, berisi tentang  rumus bangun datar dan bangun ruang. Roda Pintar Matematika ini merupakan alat peraga yang kreatif, menarik dan mudah digunakan serta mudah dibawa sehingga dapat digunakan setiap saat bagi siswa.
2.5  TUJUAN ALAT PERAGA RODA PINTAR  MATEMATIKA
Alat Peraga Roda Pintar Matematika menciptakan situasi “learning by playing” pada anak agar mudah memahami materi pelajaran sehingga anak menjadi lebih senang dan tertarik pada mata pelajaran Matematika
Matematika lebih bermakna dan memudahkan para siswa untuk mengingat kembali materi-materi yang telah mereka pelajari...dan yang pasti lebih menarik dan memberikan kesan bahwa Matematika itu tidak sulit seperti mereka yang bayangkan sebelumnya, dan memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus menggali pembelajaran Matematika khususnya agar selalu di senangi dan di minati para siswa.





BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Alat peraga roda pintar  matematika adalah sebuah alat peraga yang menggabungkan antara ilmu matematika dan ilmu psiologis anak, berisi tentang  rumus bangun datar dan bangun ruang. Roda Pintar Matematika ini merupakan alat peraga yang kreatif, menarik dan mudah digunakan serta mudah dibawa sehingga dapat digunakan setiap saat bagi siswa.
Roda Pintar Matematika ini di gunakan sebagai alat peraga untuk mencari rumus-rumus Matematika (Bangun Datar Dan Bangun Ruang)
Oleh karena itu "Roda  Pintar Matematika” diciptakan dengan pertimbangan dunia anak yang menyenangi permainan dan keceriaan sehingga lebih mudah dan cepat dalam menghafal rumus-rumus Matematika. Dengan alat peraga ini diharapkan siswa menjadi lebih tertarik dengan mata pelajaran Matematika. Alat peraga ini tidak hanya dapat diaplikasikan dalam pelajaran matematika, tapi juga pada pelajaran lainnya, Fisika, dan Biologi, serta Bahasa Inggris
3.2  SARAN
Dalam konteks ini, alat peraga roda pintar matematika’ menjadi penting untuk diperhatikan oleh teman - teman yang kuliah di jurusan Pendidikan Mmatematika karena media ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam banyak variasi untuk berbagai materi untuk peserta didik mereka kelak. Dengan alat peraga ini , belajar matematika jadi tidak membosankan tetapi justru menyenangkan dan menantang, dimana matematika menjadi permainan bukan pekerjaan/tugas.


DAFTAR PUSTAKA
http://hafid69.blogspot.com/2012/11/roda-pintar-matematika-bangun-datar-bangun-ruang.(online)  diakses tanggal 18 november 2013, pukul 13.00
http://lilizsetya.wordpress.com/2013/01/03/alat-peraga-roda-pintar-matematika (online) tanggal 18 november 2013, pukul 13.00
http://guraru.org/guru-berbagi/belajar_matematika_dengan_alat_peraga_kemudi_pintar_matematika/ (online) tanggal 18 november 2013, pukul 13.00



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kmana nyari perag roda pinar mas? Klo ada info tolong kabari ke 08213734645. Trm ksh